DPMD PPU Siap Transisi Sistem Manual ke Digital Melalui Aplikasi Srikandi
Penajam - Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) merupakan aplikasi yang memberikan kemudahan dalam proses surat-menyurat secara elektronik serta pengelolaan arsip yang terintegrasi dari tingkat Pemerintah Kota/Kabupaten, Provinsi hingga Pusat.
Beberapa waktu lalu, para pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah mengikuti pelatihan Aplikasi Srikandi.
Hal itu disampaikan oleh Sekretaris DPMD PPU, Yayu Ekapratiwi. Ia mengatakan, bahwa para pegawai DPMD telah mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tata kelola kearsipan dengan Aplikasi Srikandi.
“Kemarin beberapa staf di Bagian Umum itu sudah mengikuti pelatihan Aplikasi Srikandi selama tiga hari. Jadi akan kita sesuaikan dengan mekanisme Srikandi dengan metode pengarsipan kita,” kata Yayu.
Dijelaskannya, bahwa DPMD PPU sebelumnya masing mengelola kearsipan secara manual. Kendati demikian, pengarsipan tetap berjalan dengan baik, namun untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas informasi, langkah-langkah modernisasi perlu diterapkan seperti Aplikasi Srikandi tersebut.
Untuk transisi dari sistem manual ke digital, pihaknya mengaku tidak ada kendala maupun kesulitan dalam penerapannya. SDM di DPMD PPU pun sudah sudah tak asing lagi dengan dunia digital, sehingga dalam mengimplementasikan Aplikasi Srikandi ini tidak terlalu menyulitkan.
“Tidak ada kesulitan yang dialami dari sistem kearsipan manual ke digital karena di era digital saat ini SDM-nya sudah mumpuni semua untuk melakukan itu,” tandasnya.
Kemudian, perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat merupakan suatu keniscayaan, menuntun seseorang terus belajar dan beradaptasi.
Pemerintah memiliki komitmen yang kuat mengakselerasi penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), yang bermuara pada cita-cita utama, yaitu peningkatan kualitas pelayanan publik.
SPBE meliputi beberapa domain antara lain kegiatan pemerintahan, teknologi dan informasi serta layanan. Sedangkan yang harus diterapkan dalam SPBE yaitu aplikasi LAPOR, SIPD, dan Srikandi. (Adv/zeq)